Sunday, February 7, 2016

Belajar Online di Udemy.com

Sebagai orang yang bekerja di bidang IT, wajib hukumnya untuk selalu update skill dan wawasan. Update skill bisa dengan mengikuti training di kelas atau bisa juga secara online. Baik di kelas maupun online ada versi gratis maupun berbayarnya. 
Jika anda bekerja di partner, biasanya ada program partner enablement dari principal yang bisa dimanfaatkan untuk update skill di satu produk tertentu dari principal tersebut dan ini biasanya gratis, tinggal register dan tunggu approval.
Khusus untuk online training, salah satu platform yang saya gunakan adalah udemy.com.
Menurut wikipedia, Udemy adalah sebuah marketplace untuk pembelajaran online, di Udemy kita bisa mencari berbagai macam tutorial online baik berbayar maupun gratis dari para expert dari berbagai bidang, mulai dari IT, fotografi sampai online marketing. Kualitas trainingnya juga banyak yang bagus dan aplikatif. Jadi bukan hanya untuk mengejar sertifikasi, tapi juga bisa digunakan untuk membantu pekerjaan sehari-hari. 
Udemy bisa diakses dari laptop ataupun gadget dengan cara menginstal aplikasinya. Hanya saja untuk gadget, saya belum sempat mencoba menginstal dan menggunakannnya.
Saya sendiri mengenal Udemy saat mencari materi untuk belajar IS-IS (bukan ISIS yang itu ya, tapi Intermediate System to Intermediate System, yaitu routing protocol yang biasa digunakan di Service Provider), kebetulan lagi ada promo gratis. Kemudian versi berbayar saya enroll untuk course IPS Sourcefire, harga aslinya USD 39, dengan redeem kupon dari certcollection, saya bisa dapat dengan harga USD 10 saja.
Sampai saat ini ada 4 course yang saya enroll, 3 diantaranya gratis. Sayangnya belum satupun yang complete, jadi saya belum mendapat certificate of completion.
Training Udemy yang saya ikuti

Untuk bisa mengikuti online course di Udemy anda tentu harus mendaftar dulu, baru bisa memilih course baik berbayar atau gratis. Salah satu kelebihan dari Udemy adalah sekali mendaftar untuk satu course, enrollment di course ini akan berlangsung seumur hidup kecuali anda menghapus account secara permanen atau course ini dihapus oleh instrukturnya.

Semoga artikel ini bisa membantu, selamat belajar.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda ya